Si Raja Sampah


SI RAJA SAMPAH
(Judul asli: The Garbage King)
Penulis: Elizabeth Laird
Penerjemah: Jennifer E Silas
Penerbit: Karisma Publ. Group, 2005, 418 hal
(Nominasi Carnegie Medal)

Dari sampul buku:
Dalam kegelapan, Dani terloncat bangun. Di dekat tempat persembunyiannya terdapat suatu makhluk yang tinggi, kerempeng, berwajah liar.

Dani dan Mamo seharusnya tidak pernah bertemu.


Di ibukota Etiopia yang amat luas, mereka menjalani kehidupan yang sangat berbeda, begitu berbeda hingga hampir tidak bisa dipercaya. Rumah Dani adalah gedung besar yang penuh dengan pelayan--sementara Mamo tidak punya rumah sama sekali. Tetapi kini kedua anak laki-laki itu berada dalam pelarian, yang satu melarikan diri dari ayah yang keras dan kejam, yang lainnya menyelamatkan diri dari kehidupan sebagai budak. Nasib telah mempertemukan mereka, dan satu-satunya kesempatan mereka untuk bertahan hidup adalah dengan mempercayakan hidup mereka satu kepada yang lain.


Komentar:
Buku ini berlatar belakang Etiopia masa sekarang, dan sebagian besar menceritakan tentang dunia anak-anak jalanan di sana. Bagian yang paling saya sukai adalah separuh awal, karena sangat realistis menggambarkan dunia Mamo. Bukan berarti sisanya jelek, hanya saja pada bagian selanjutnya meskipun setting dan deskripsi realistis, sebagian ceritanya seperti dongeng (agak too good to be true).
Buku ini lumayan tebal, dan ada beberapa hal yang menurut saya tidak penting seperti cerita tentang kakaknya Mamo, tapi ya sudahlah, setidaknya memberikan tambahan jendela untuk melihat dunia Ethiopia.

Buku ini diberi label fiksi remaja, hanya saja isinya bisa cocok dengan anak yang lebih muda. Tapi sebagai warning (untuk ortu), di sini beberapa kali disebut sepintas para karakter anak jalanan mabuk. Kalau ini yang sebenarnya (realistis), saya pikir tidak mengapa dan tidak perlu ditutup-tutupi. Toh inti yang lebih disampaikan adalah tentang pemahaman diri, persahabatan, pengambilan keputusan, dan keberanian.


0 comments:

Newer Post Older Post Home