Harriet Si Mata-Mata


Harriet Si Mata-Mata
(Judul asli: Harriet the Spy)
Penulis: Louise Fitzhugh
Penerjemah: Sari Kusuma W.
Penerbit Little K, Februari 2006, 376 halaman, Rp.43.000,00

Harriet ingin menjadi mata-mata. Ia selalu membawa buku catatan untuk menuliskan hasil pengamatannya. Bahkan lebih jauh lagi, ia meluangkan waktu tiap hari untuk mengintip dan menguping kegiatan tetangga beserta teman-temannya. Semua kejadian dituangkan di dalam bukunya apa adanya.

Suatu hari buku tersebut jatuh ke tangan teman-teman Harriet. Mereka marah besar atas hal-hal menyakitkan hati yang ditulis Harriet mengenai mereka. Akhirnya Harriet dimusuhi teman-teman sekelasnya, bahkan kedua sahabat dekatnya. Apa yang terjadi selanjutnya? Silakan dibaca.


Buku ini menampilkan penokohan anak yang bagus. Harriet, walaupun tidak selalu berlaku bagai 'malaikat', dapat selalu dipahami tindakannya. Hubungan Harriet dengan teman-teman sangat realistik, tanpa dibuat-dibuat. Orang-orang dewasa di sekitar Harriet (orang tua, pengasuh, guru-guru) juga digambarkan dengan wajar dan layaknya orang dewasa yang punya akal sehat, tetapi justru lewat buku ini kita 'mengintip' cara pandang anak terhadap tingkah laku para orang tua dan bagaimana usaha keras anak dalam memahami hal-hal di sekitar mereka. Terakhir, bagian yang paling saya sukai, buku ini ditaburi banyak kutipan dari buku catatan Harriet. Satu-satunya yang mengganggu adalah ilustrasinya yang menggambarkan Harriet berambut pendek (tidak sampai sebahu), padahal di halaman pertama bab satu disebutkan rambutnya panjang.

3 comments:

Hai Fin, salam kenal dari aku dan Little K. Makasih ya reviewnya tentang Harriet. Btw, Harriet kedua sudah terbit lho, judulnya Pesan Misterius di Watermill. Ayoooo, udah baca belum?
:)
-Maria-

18/7/06 13:07  

Salam kenal, Mbak Maria... meskipun udah rasa sok kenal dari milis qanita :D Iya nih, sebenarnya byk buku yang masih ngantri dibaca termasuk Pesan Mistrius Watermill itu, mudah-mudahan nanti kalo sempat juga dibikinkan reviewnya :)

19/7/06 10:10  

Belum ketemu juga nih buku satu nya :( hua.. hua...

tapi buku 2 dah punya, cuma berhubung buku 1 belum punya, jadi ditahan2 dulu membaca buku 2 nya hehehehe

13/10/06 15:31  

Newer Post Older Post Home