Menghitung Bintang


MENGHITUNG BINTANG
(Judul asli: Number the Stars)
Penulis: Lois Lowry
Penerjemah: Daisy Mansoor Subakti
Penerbit: Serambi, Jakarta, Sept 2005, 212 hal
Genre: fiksi sejarah
ISBN: 979-16-0067-8
(Pemenang Newbery Medal)

Dari jaket buku:
"Seberapa beranikah engkau, Annemarie?" Paman Hendrik bertanya kepada keponakannya yang berusia sepuluh tahun. Saat itu tahun 1943, dan bagi Annemarie Johansen, kehidupan di Kopenhagen bercampur-aduk antara kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah, kekurangan makanan, dan kehadiran tentara Nazi. Keberanian tampak seakan sifat yang samar-samar--yang hanya dimiliki pada ksatria pembunuh naga dalam dongeng menjelang tidur yang ia ceritakan kepada adiknya. Dan tak lama kemudian, ia pun harus menunjukkan ketegarannya.

Tatkala pasukan Jerman mulai berkampanye untuk "memindahkan" semua orang Denmark keturunan Yahudi, keluarga Johansen menolong sahabat Annemarie, Ellen Rosen... Ellen dan Annemarie harus berpikir cepat ketika tiga perwira Nazi datang suatu malam dan menanyakan mengapa Ellen tidak berambut pirang seperti saudara perempuannya yang lain...

Komentar:
Buku ini sedikit mengingatkan saya pada buku-buku yang banyak di perpustakaan SD saya dulu yang settingnya pra-kemerdekaan tentang heroisme anak-anak/pemuda dalam perang (sebagian tidak masuk akal). Bedanya, buku di SD dulu, pesan nasionalisme dan cinta negara sangat mendominasi, sedangkan di buku ini lebih menekankan tentang persaudaraan manusia, di samping tema kepahlawanan bangsa yang disampaikan dengan lebih halus.

Tentang cerita, separuh awal buku datar-datar saja karena masih menata suasana dan latar belakang Denmark tahun 1943, serta pengenalan karakter, baru setelah itu adegan memuncak karena ada pertanyaan yang bikin penasaran: "Ada rahasia apa sih?" yang baru terjawab di akhir buku.

Walaupun bersetting suasana perang, buku ini tidak mengeksploitasi kekejaman perang secara vulgar. Mungkin karena buku anak-anak kali ya.

2 comments:

Penerjemahnya itu tanteku lhooo... (ngga nyambung...)

25/4/06 14:44  

Wah, iya... baru nyadar

25/4/06 17:31  

Newer Post Older Post Home